RESUME MATERI PERTEMUAN 2 SENI RUPA
Dunia seni rupa anak
Keterampilan
seni rupa adalah menciptakan sesuatu bentuk baru dan mengubah fungsi bentuk. Kegiatan ini sering dilakukan oleh
anak-anak pada usia dini karena sifat keingintahuan. Anak memperlakukan
selembar kertas kosong sebagai teman bicara, diajak berbicara terlebih dahulu
kemudian baru menggambar. Gambar tersebut kadang tidak berwujud figuratif, tetapi juga bisa berupa coretan
garis. Menggambar dikerjakan dengan berlari, berhenti sejenak kemudian
bercerita dan dilanjutkan lagi dengan menggoreskan benda tajam.
Sembari
mengambil alat permainan yang sudah ditata rapi dari almari, alat tersebut
disebar diletakkan di sembarang tempat, inilah kegiatan bermain. Kegiatan anak
berseni rupa seperti tersebut adalah sebagian dari contoh perilaku karya;
tetapi sebenarnya contoh kegiatan anak yang serupa dapat dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari. Segala sesuatu yang dia ciptakan kadang tidak dapat
dipisahkan apakah kegiatan bermain atau berekspresi.
Kegiatan ini
menyatukan antara pikiran dan perasaanyang secara kompleks bekerja secara
simultan. Kadang kala, kegiatan tersebut tidak dapat digolongkan ke dalam skema
di atas secara pasti, karena kegiatan berpikir sebenarnya juga sebagai kegiatan
merasakan sesuatu dan sekaligus ingin usaha mengutarakan isi hatinya. Dari
serangkaian kegiatan di atas, sebagian karya anak akan terlihat bermacam-macam:
(1) karya itu setiap saat tidak berkembang, permainan boneka dari kayu, maupun
menggerakkan benda berbentuk kubus sebagai mobil, atau menggambar gunung dan sungai. (2) anak selalu berubah
memainkan peran benda yang ada; sesekali benda kubus dibayangkan sebagai mobil,
di lain waktu benda tersebut dijadikan rumah, jika anak menggambar, maka
gambarnya pun mempunyai judul yang tidak tetap. (3) anak senantiasa
mengubah dan terkesan merusak benda yang ada dan tidak dikembalikan seperti
bentuk semula. Kegiatan yang dilakukan anak seperti menggambar dan membuat sesuatu yang lain daripada yang lain dapat
dikatakan seni, seperti menggambar objek yang selalu lain dari yang lain.
Demikian pula membuat bentuk baru sehingga terkesan kreatif, juga dapat
dikatakan seni.
Kesenian
orang dewasa mempunyai kriteria, dan penilaian yang berbeda dengan karya anak.
Karya seni anak dilakukan belum dengan kesadaran penuh menata garis, warna dan
bentuk. Karya seni anak mampu menampung angan-angan dan kemudian mewujudkannya
serta secara tetap (konstan) serta memberi judul
beserta alasannya.
Anak
melakukan kegiatan berkarya rupa seperti menyusun benda-benda di lingkungan
sekitaranya, atau mengubah
fungsi benda
menjadi permainan atau mencoret dan menggambar dinding maupun lantai dapat
digolongkan sebagai seni anak, karena anak ingin bermain, dan berkomunikasi
dengan pihak lain. Bentuk tersebut dapat mewakili ide dan gagasannya secara
konstan maka disebut pula sebagai kesenian anak. Ketika seorang anak tidak puas
dengan alat permainan yang sudah ada, anak ingin mencari sesuatu
yang baru yang mampu mengungkapkan ide dan rasa. Seperti anak laki-laki
membongkar alat permainan dan menyusun kembali. Kegiatan ini merupakan sifat keingintahuananak dan mencari
sesuatu yang baru. Demikian pula anak perempuan ingin merawat bunga,membongkar
baju boneka dan mengganti dengan kain sarung.
Jadi kesenian
difungsikan oleh anak sebagai media ungkapan perasaan, ide, gagasan dan pikiran
anak. Karyanya sebagai alat bermain imajinasi, mengutarakan ide dan juga
sebagai media komunikasi.Karya seni rupa tersebut dimodifikasi sehingga bentuk
dan berfungsi
beda.
Karya-karya rupa secara alami mempunyai susunan, cara penyusunan, bentuk/figur
maupun warna dan garis yang khas sehubungan dengan kekuatan otot tangannya.
Contoh: kursi berkaki empat digambar seperti angka empat terbalik; atau bunga
digambar berupa tangkai yang berbunga dan potyang berbentuk trapesium terbalik.
Kegiatan ini dilakukan guna memberikan simbol objek.
Pada kegiatan menggambar menjadi kegiatan yang digemari oleh
anak-anak,entah anak ingin menggambar yang dia sukai atau tidak. Di indonesia
ditemukan suatu gambar yang turun temurun hampir sama,seperti anak menggambar
gunung yang berisi pohon atau rumput dan jalan yang ada di pinggir sawah,dan
tidak luput ada gambar rumah di pinggir jalan atau sawah. Maka dapat dikatakan
bahwa gambar itu merupakan ciri khas hasil karya anak-anak indonesia.
Ada juga Dari gambar yaitu bahasa visual yang menggambarkan
pikiran anak, seperti anak menggambar sebuah pohon besar yang ada tambangnya
dan anjing terlihat kecil diikatkan di pohon besar tersebut dan ketika anak di tanya apa maksud anak menggambar tersebut karena anak takut
dengan anjing anak mengikat anjing di pohon agar dirinya aman agar anjing tidak
mudah lepas dan menakutinya. Jadi itu adalah sebuah ungkapan perasaan atau rasa ketakutan anak dengan menggambar yang anak
takutkan tersebut, kadang anak menggambar dari anak sukai, di takuti, anak
tidak suka,dll. Anak akan menggambar dilihat dari sekitar anak, anak suka
menggambar dan bercerita. Itu dilihat dari gambaran umum anak.
Berikut saya paparkan tentang gambar anak
yang tergolong usianya perkembangan gambar karya anak dari usia 0-2 tahun, usia 2-4 tahun, usia 4-5 tahun, adanya perubahan kategorisasi adanya
perubahan bahan adapun proses-proses yang berbeda. Koordinasi mata dan tangan
dari berbagai seseorang sangat penting dalam menggambar dilihat dari usia 1
tahun 4 bulan anak sudah tertarik dengan alat pensil dan kertas hvs dan
mencorat-coret kertas dengan pensilnya anak mulai menyukai pensil dan kertas.
Dari usia 2
tahun 4 bulan anak menggambar satria baja hitam yang anak lihat dan
dipikirannya, tidak semua usia anak bisa menggambar hal yang sama karna
perkembangan dan stimulasi anak berbeda jadi jangan memaksakan anak untuk bisa
menggambar seperti orang tua memaksa anak mewarnai pohon karna anak mewarnai
daun dengan warna merah orang tua member penjelasan warna daun seharusnya hijau
bukan merah itu hal yang membatasi anak berkarya menciptakan karyanya sendiri
atau pemasungan kreativitas anak.
Ada juga
kaitan yang anak gambar dari : anak ,purba, relief borobudur dan wayang beber.
Menurut karya
yang ditemui pak primadi adanya dimensi ke 4 dimana dimensi ke 4 tentang
catatan waktu.
Itulah sekilas dari dunia anak tentang menggambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar